SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran): 1. Menerapkan
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah
|
Hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian hukum
bacaan “Al” Syamsiyah!
|
2 x 40 menit
|
||
Menyebutkan
contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Di antara bacaan “Al” Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali:
a. الَّرحْمَنُ
b. الضُّحَى
c. اْليَتِيْمُ
d. السَّائِلُ
|
||||||
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian hukum
bacaan “Al” Qamariyah!
|
||||||
Menunjukkan
contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Bacaan “Al” Qamariyah harus jelas melafalkan “Al” –nya, seperti di bawah ini:
a. الرَّحِيْمُ
b. اْلإِنْسَانُ
c. الصُّدُوْرُ
d. الشَّمْسُ
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ),Tanggung jawab
( responsibility )
|
||||||||
1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
2.
Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dengan hukum bacaan “Al” Qamariyah.
|
Menyebutkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Syamsiyah!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 1 Tema: Hukum Bacaan
Al Syamsiah dan Al Qomariah, hal 2 - 3
|
||
Menyebutkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Qamariyah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Qamariyah!
|
||||||
Membandingkan ciri-ciri
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Tes tulis
|
Essay
|
1. Jelaskan perbedaan
ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
|
||||||||
1.3 Menerapkan bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
|
3. Siswa menelaah QS.
al-Dluha.dan QS. al-‘Adliyat. untuk menemukan
contoh-contoh hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Menelaah hukum bacaan “Al”
Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
dalam QS. al-Dluha.
|
Tes unjuk kerja
|
Identifikasi
|
1.
Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha lalu tulislah dalam buku
kerja kalian!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 1 Tema: Hukum Bacaan
Al Syamsiah dan Al Qomariah, hal - 3
|
||
Menelaah
hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
|
Tes unjuk kerja
|
Identifikasi
|
1.
Carilah bacaan-bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat lalu tulislah dalam
buku kerja kalian!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes )
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman
sifat-sifat-Nya.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-
sifat Allah.
|
Iman kepada Allah
|
1. Siswa membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan iman kepada
Allah serta memelajari arti dan kandungan isinya.
|
Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat
nafsiyah (Wujud).
|
Tes lisan
|
praktik
|
1.
Bacalah dengan benar ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah
(Wujud)!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada
Allah swt., hal 14 - 22
|
|
Membaca
ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’,
Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
|
Tes lisan
|
praktik
|
1.
Bacalah dengan fasih ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat Baqa’!
|
||||||
Membaca
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat,
Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
|
Tes lisan
|
Unjuk kerja
|
1.
Bacalah dengan fasih ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat ‘Ilm di bawah
ini:
إِنَّ اللهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung
jawab ( responsibility )Berani ( courage )Ketulusan (Honesty ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ), Kewarganegaraan (citizenship
)
|
||||||||
2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan
sifat-sifat Allah Swt.
|
2.
Siswa mencari ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan sifat-sifat Allah Swt. dalam buku-buku tafsir lalu menuliskan
artinya sehingga dapat menyebutkannya dengan benar.
|
Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang
berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. Ayat al-Quran yang
berbunyi:
إِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ
وَاخْتِلاَفِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَأَيَاتٍ لِأُولِى اْلأَلْبَابِ
menunjukkan sifat Allah:
a. Wujud
b. Wahdaniyah
c. Qudrah
d. Iradah
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada
Allah swt., hal 14 - 22
|
||
Menerjemahkan
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’,
Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Salah satu sifat Allah adalah Wahdaniyyah. Ayat yang terkait dengan sifat
ini adalah:
a. إِنَّ اللهَ عَلىَ كُلِّ شَيْءٍ
قَدِيْرٌ
b. وَ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ
c. إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ
d. قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ
|
||||||
3. Menerjemahkan
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat,
Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Terjemahkan ayat yang terkait dengan sifat Kalam di bawah ini:
وَكَلَّمَ اللهُ
مُوْسَى تَكْلِيْمًا
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),Tekun
(diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
|
||||||||
2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya
Allah Swt.
|
2. Siswa mengamati
fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan
tanda-tanda kekuasaan Allah dan
meyakini keberadaan-Nya.
|
Menjelaskan pengertian
iman kepada Allah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan pengertian iman kepada Allah!
|
1 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada
Allah swt., hal 11 - 22
|
||
Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta
.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Lakukan survey tentang fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah dalam
satu minggu lalu buatlah laporannya!
|
||||||
Menyebutkan tanda-tanda
adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-Nya!
|
||||||
4. Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah
melalui dalil naqli.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Carilah dalil naqli yang menunjukkan adanya Allah Swt.
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Tekun
( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty ),Integritas ( integrity ),Kewarganegaraan (citizenship )
|
||||||||
2.4 Menampilkan perilaku sebagai
cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt.
|
3.
Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk menemukan perilaku yang
mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah sehingga dapat diterapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menyerahkan diri kepada
Allah dengan cara bertawakkal.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Menyerahkan diri kepada Allah setelah berusaha dengan sungguh-sungguh
disebut:
a. sabar
b. ikhtiar
c. tawakkal
d. qana’ah
|
1 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada
Allah swt., hal 22
|
||
Belajar giat untuk
mendapatkan nikmat dan karunia Allah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan bahwa belajar dengan giat akan mendapatkan nikmat dan karunia Allah
dan sebutkan bukti-bukti konkretnya!
|
||||||
Berbuat baik terhadap
sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.
|
Portofolio
|
Karya tulis
|
1.
Buatlah karya tulis dengan topik bahwa berbuat baik dan tidak berbuat
kerusakan di muka bumi akan membawa kedamaian dan kesejahteraan!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun
(diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty ),Integritas ( integrity ),Peduli ( caring ),Jujur ( fairnes )
|
Mengetahui,
Kepala
SMP/Mts ……………
(__________________________)
NIP
:
|
…….……..,…………………… 20 …….
Guru
Mapel Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP
:
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 3. Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.1 Menyebutkan arti
ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
|
10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)
|
1. Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Quran terkait dengan 10 Asmaul
Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
|
Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan
dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar,
Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
|
Tes lisan
|
Praktik
|
1.
Bacalah ayat-ayat al-Quran dengan fasih yang berkaitan dengan salah satu
Asmaul Husna (al-‘Aziz)!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 3 Tema: Asmaul Husna,
hal 33 – 38
|
|
2. Menerjemahkan ayat-ayat
al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz,
Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi,
Al-Shabur).
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Terjemahkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan
Asmaul Husna (al-‘Adl):
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) ,Tanggung
jawab ( responsibility ).Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty ).Integritas
( integrity ), Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
||||||||
3.2 Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna.
|
2. Siswa berdiskusi tentang bentuk-bentuk
pengamalan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq,
Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
|
Menjelaskan pengertian
Asmaul Husna.
|
Kuis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan arti Asmaul Husna dari segi bahasa!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 3 Tema: Asmaul Husna,
hal 39
|
||
Mengamalkan
isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam,
Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum,
Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1.
Tunjukkan satu contoh aktivitas di keluargamu yang mencerminkan
pengamalan dari salah satu Asmaul Husna (Al-Wahhab)!
|
||||||
Mengamalkan
isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam,
Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum,
Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Simulasi
|
1.
Tunjukkan aktivitas-aktivitas di sekolahmu yang mencerminkan pengamalan salah
satu dari 10 Asmaul Husna (Al-Salam,
Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum,
Al-Hadi, Al-Shabur)!
|
||||||
4. Mengamalkan isi
kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam,
Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum,
Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat.
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah
|
1. Lakukan survey di masyarakat tentang berbagai
aktivitas yang merupakan pengamalan dari 10 Asmaul
Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur), lalu buatlah laporannya!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Tekun ( diligence
)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................
( .......................................... )
NIP :
|
............,
......................... 20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
( .......................................... )
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Waktu Alokasi
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.1
Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
|
Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar)
|
1.
Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan
benar tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
|
Menjelaskan
pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan pengertian tawadlu dan tunjukkan dalilnya!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 4 Tema: Akhlak
Terpuji, hal 47 - 55
|
|
Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil
naqlinya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan pengertian taat dan tunjukkan dalilnya!
|
||||||
Menjelaskan
pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian qana’ah dan tunjukkan
dalilnya!
|
||||||
4.
Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan pengertian sabar dan tunjukkan
dalilnya!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),Tekun
(diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty )
|
||||||||
4.2
Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
|
2. Siswa berdiskusi untuk menemukan
contoh-contoh perilaku yang menunjukkan sikap tawadlu,
taat, qana’ah, dan sabar.
|
Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1. إِنَّ اللهَ مَعَ
الصَّابِرِيْنَ adalah dalil naqli tentang sifat:
a. sabar
b. tawadlu
c. taat
d. qana’ah
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 4 Tema: Akhlak
Terpuji, hal 47 - 55
|
||
Menampilkan contoh-contoh perilaku taat.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Berilah contoh satu perbuatan yang
menunjukkan perilaku taat kepada Allah!
|
||||||
Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Orang yang selalu merasa cukup terhadap pemberian Allah dinamakan:
a. taat
b. tawakal
c. tawadlu
d. qana’ah
|
||||||
Menampilkan contoh-contoh perilaku sabar.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Tunjukkan satu perilaku sabar ketika kalian
mendapatkan musibah!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
) Tanggung jawab ( responsibility ),
Berani ( courage )
Jujur ( fairnes
)
|
||||||||
4.3
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
|
3. Siswa mempraktik-kan perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar) bersama teman-teman
dan guru-gurunya di sekolah.
|
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar
dalam lingkungan keluarga.
|
Portofolio
|
Karya tulis
|
1.
Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat,
qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 4 Tema: Akhlak
Terpuji, hal 55
|
||
Membiasakan
perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah.
|
Portofolio
|
Karya tulis
|
1.
Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat,
qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah!
|
||||||
3. Membiasakan perilaku
tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat.
|
Portofolio
|
Karya tulis
|
1.
Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat,
qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa
hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) ,Tanggung
jawab ( responsibility ),Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty ),Integritas
( integrity ),Peduli ( caring ),Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................
( .......................................... )
NIP :
|
............,
......................... 20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
( .......................................... )
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah (bersuci).
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan
wudlu dan tayammum.
|
Thaharah (bersuci)
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang
benar dan jelas tentang thaharah.
|
Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya!
|
2 x 40 menit
|
||
Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian tayammum dan dasar
hukumnya!
|
||||||
Menyebutkan hal-hal
yang membatalkan wudlu dan tayammum.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Di antara hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum adalah:
a. makan
b. minum
c. buang air kecil
d. muntah
|
||||||
Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan tatacara wudlu dan tayammum!
|
||||||
Mempraktikkan wudlu dan
tayammum di sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1. Demontrasikan tatacaa wudlu dan tayammum
dengan benar di depan kelas!
|
||||||
6. Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan
tayammum
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan perbedaan
antara wudlu dan tayammum!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Tekun ( diligence
) Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty )
|
||||||||
5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan
mandi wajib.
|
2. Siswa mempraktikkan berbagai macam ketentuan thaharah dengan diawasi
oleh gurunya.
|
Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 5 Tema: Taharah, hal
65 - 66
|
||
Menyebutkan hal-hal
yang menyebabkan mandi wajib.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan seseorang ketika:
a. buang air besar
b. shalat Jum’at
c. hadas besar
d. shalat fardlu
|
||||||
Menjelaskan tatacara mandi wajib.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan tatacara mandi wajib dengan singkat!
|
||||||
4.
Mendemonstrasikan mandi wajib secara singkat.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1. Demonstrasikan mandi wajib secara singkat di
hadapan teman-teman kalian!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Kebersihan ( Cleanness )
|
||||||||
5.3 Menjelaskan perbedaan hadas dan
najis.
|
3. Siswa mengidentifikasi
berbagai contoh hadas dan najis sehingga mampu membedakan antara keduanya.
|
1. Menjelasakan
pengertian hadas dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya.
|
Tes tullis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian hadas dan najis serta
menunjukkan dasar hukumnya!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 5 Tema: Taharah, hal
72 – 75
|
||
2.
Menyebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Sebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya!
|
||||||
3.
Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Kencing anak kecil yang belum berumur dua tahun dan belum makan apa-apa
selain air susu ibu dinamakan najis:
a. mukhaffafah
b. mutawasithah
c. mughallazhah
d. mutmainnah
|
||||||
4.
Menyebutkan perbedaan antara hadas dan najis.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan perbedaan antara hadas dan najis!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebersihan ( Cleanness )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................
( .......................................... )
NIP :
|
............,
......................... 20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
( .......................................... )
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami tatacara shalat wajib.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan
shalat wajib.
|
Shalat wajib
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat memahami ketentuan
tentang shalat wajib dengan lengkap.
|
Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian shalat wajib dan dasar
hukumnya!
|
2 x 40 menit
|
||
Menyebutkan
syarat-syarat shalat.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan
syarat-syarat shalat!
|
||||||
Menyebutkan rukun-rukun
shalat.
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda
|
1.
Membaca takbiratul ihram ketika shalat merupakan salah satu ...
shalat.
a. wajib
b. rukun
c. sunnah
d. mubah
|
||||||
Menyebutkan
sunnah-sunnah shalat.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan beberapa
sunnah shalat!
|
||||||
Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Sebutkan beberapa hal yang membatalkan
shalat!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
|
||||||||
6.2 Mempraktikkan shalat wajib.
|
Siswa mempraktikkan shalat
wajib di hadapan gurunya.
|
Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib).
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan tatacara shalat wajib secara
berurutan (tertib)!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 6 Tema: Salat Wajib,
hal 86 - 90
|
||
2.
Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Tunjukkan salah satu bacaan pokok (wajib) dalam shalat!
|
||||||
3.
Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1.
Peragakan gerakan ruku’ dan i’tidal yang benar!
|
||||||
4.
Mempraktikkan shalat wajib secara benar.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1.
Praktikkan shalat wajib (shubuh) dengan benar di hadapan teman-temanmu!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kejujuran ( fairnes )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................
( .......................................... )
NIP :
|
............,
......................... 20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
( .......................................... )
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami
tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid
(sendiri).
|
Shalat Berjama’ah
|
1.
Siswa berdiskusi dengan teman-temannya untuk mendapatkan pengertian yang
lengkap tentang shalat berjama’ah dan munfarid dengan berbagai ketentuannya.
|
Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian shalat berjamaah dan
dasar hukumnya!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 7
Tema: Salat Berjemaah dan Salat Munfarid, hal 101 dan 105
|
|
Menjelaskan pengertian
shalat munfarid.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan pengertian
shalat munfarid!
|
||||||
Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan beberapa keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid!
|
||||||
Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan syarat-syarat mendirikan shalat
berjama’ah.
|
||||||
Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah.
|
Tes tulis
|
Jawaban singkat
|
1. Jelaskan beberapa halangan shalat berjama’ah!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebersamaan ( Coorperation )
|
||||||||
7.2 Mempraktikkan
shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).
|
2. Siswa mempraktikkan shalat berjama’ah dan
munfarid bersama teman-temannya di sekolah.
|
1.
Menjelaskan
tatacara shalat berjama’ah.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan tatacara shalat berjama’ah bersama teman-teman kalian!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 7 Tema: Salat
Berjemaah dan Salat Munfarid, hal 104 dan 105
|
||
Menjelaskan tatacara
shalat munfarid.
|
Tes lisan
|
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan tatacara shalat maghrib secara munfarid!
|
||||||
2.
Mempraktikkan
shalat berjama’ah di sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1. Praktikkan shalat ‘Isya’ dengan berjama’ah
bersama teman-teman kalian!
|
||||||
4. Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.
|
Tes unjuk kerja
|
Praktik
|
1. Praktikkan shalat Zhuhur dengan munfarid di
hadapan teman-teman kalian!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebersamaan ( Coorperation )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................
( .......................................... )
NIP :
|
............,
......................... 20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
( .......................................... )
NIP :
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .....................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 8. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi
Muhammad Saw.
|
Sejarah Nabi Muhammad
Saw.
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan sejarah
perjalanan Nabi Muhammad Saw.
|
Menjelaskan berbagai
peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad
Saw.!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 8 Tema: Sejarah Nabi
Muhammad saw., hal 112 - 116
|
|
Menjelaskan sejarah
kelahiran Nabi Muhammad Saw.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1. Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran
Nabi Muhammad Saw.!
|
||||||
Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak
hingga diangkat menjadi Rasulullah.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan secara singkat sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai
kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah!
|
||||||
Menjelaskan sejarah
Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
|
Portofolio
|
Karya tulis
|
1.
Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam
mendakwahkan Islam di Makkah!
|
||||||
Menjelaskan sejarah
Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
|
Portofolio
|
Karya tulis
|
1.
Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam
membangun masyarakat Muslim di Madinah!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
|
||||||||
8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan
bangsa.
|
2. Siswa berdiskusi
bersama teman-temannya untuk merumuskan berbagai misi kerasulan Muhammad Saw.
di muka bumi.
|
1.
Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw.
khusus untuk umat Islam.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw., khususnya bagi umat Islam!
|
2 x 40 menit
|
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 8 Tema: Sejarah Nabi
Muhammad saw., hal 116 - 120
|
||
2. Menjelaskan misi
kehadiran Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
1.
Jelaskan di antara misi kehadiran Nabi Muhammad Saw., bagi umat manusia pada
umumnya!
|
||||||
Karakter siswa yang diharapkan
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................
( .......................................... )
NIP :
|
............,
......................... 20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
( .......................................... )
NIP :
|
0 komentar:
Posting Komentar