About

Senin, 02 September 2019

SILABUS PAI







SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Al-Quran): 1. Menerapkan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah


Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
Hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk memahami hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al”  Syamsiyah
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Syamsiyah!
2 x 40 menit

Menyebutkan contoh-contoh bacaan “Al” Syamsiyah
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Di antara bacaan “Al” Syamsiyah adalah berikut ini, kecuali:
    a. الَّرحْمَنُ
    b. الضُّحَى
    c. اْليَتِيْمُ
    d. السَّائِلُ

Menjelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Al” Qamariyah!

Menunjukkan contoh-contoh hukum bacaan “Al” Qamariyah
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Bacaan “Al” Qamariyah harus jelas melafalkan “Al” –nya, seperti di bawah ini:
    a. الرَّحِيْمُ
    b. اْلإِنْسَانُ
    c. الصُّدُوْرُ
    d. الشَّمْسُ

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ),Tanggung jawab ( responsibility )

1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.


2. Siswa berdiskusi untuk menemukan perbedaan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dengan hukum bacaan “Al” Qamariyah.
Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Syamsiyah!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 1 Tema: Hukum Bacaan Al Syamsiah dan Al Qomariah, hal 2 - 3


Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa ciri bacaan “Al” Qamariyah!

Membandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
Tes tulis
Essay
1. Jelaskan perbedaan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )

1.3 Menerapkan bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.


3. Siswa menelaah QS. al-Dluha.dan QS. al-‘Adliyat. untuk menemukan contoh-contoh hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.
Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.
Tes unjuk kerja
Identifikasi
1. Carilah bacaan-bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha lalu tulislah dalam buku kerja kalian!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 1 Tema: Hukum Bacaan Al Syamsiah dan Al Qomariah, hal  - 3


Menelaah hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
Tes unjuk kerja
Identifikasi
1. Carilah bacaan-bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat lalu tulislah dalam buku kerja kalian!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes )



SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.

Iman kepada Allah
1. Siswa membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan iman kepada Allah serta memelajari arti dan kandungan isinya.

Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).
Tes lisan
praktik
1. Bacalah dengan benar ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud)!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada Allah swt., hal 14 - 22


Membaca ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
Tes lisan
praktik
1. Bacalah dengan fasih ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat Baqa’!

Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
Tes lisan
Unjuk kerja
1. Bacalah dengan fasih ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat ‘Ilm di bawah ini:
إِنَّ اللهَ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility )Berani ( courage )Ketulusan (Honesty ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ), Kewarganegaraan (citizenship )

2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt.

2. Siswa mencari ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt. dalam buku-buku tafsir lalu menuliskan artinya sehingga dapat menyebutkannya dengan benar.
Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat nafsiyah (Wujud).

Tes tulis
Pilihan ganda
1. Ayat al-Quran yang berbunyi:
إِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَاخْتِلاَفِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَأَيَاتٍ لِأُولِى اْلأَلْبَابِ
    menunjukkan sifat Allah:
    a. Wujud
    b. Wahdaniyah
    c. Qudrah
    d. Iradah
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada Allah swt., hal 14 - 22

Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat salbiyah (Qidam, Baqa’, Mukhalafatu lilhawadits, Qiyamuhu binafsih, dan Wahdaniyyah).
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Salah satu sifat Allah adalah Wahdaniyyah. Ayat yang terkait dengan sifat ini adalah:
    a. إِنَّ اللهَ عَلىَ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
    b.  وَ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ
    c.  إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ رَحِيْمٌ
    d.  قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ


3.  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat ma’ani (Qudrat, Iradat, Ilmu, Hayyat, Sama’, Bashar, dan Kalam).
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Terjemahkan ayat yang terkait dengan sifat Kalam di bawah ini:
وَكَلَّمَ اللهُ مُوْسَى تَكْلِيْمًا
   

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ),Tekun (diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )

2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt.


2. Siswa mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan
meyakini keberadaan-Nya.

Menjelaskan pengertian iman kepada Allah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian iman kepada Allah!
1 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada Allah swt., hal 11 - 22


Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta





.
Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Lakukan survey tentang fenomena alam semesta sebagai bukti adanya Allah dalam satu minggu lalu buatlah laporannya!

Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-Nya!

4.  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Carilah dalil naqli yang menunjukkan adanya Allah Swt.



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty ),Integritas ( integrity ),Kewarganegaraan (citizenship )

2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt.












3. Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk menemukan perilaku yang mencerminkan keyakinan akan sifat-sifat Allah sehingga dapat diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menyerahkan diri kepada Allah dengan cara bertawakkal.
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Menyerahkan diri kepada Allah setelah berusaha dengan sungguh-sungguh disebut:
    a. sabar
    b. ikhtiar
    c. tawakkal
    d. qana’ah
1 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 2 Tema: Iman Kepada Allah swt., hal 22


Belajar giat untuk mendapatkan nikmat dan karunia Allah.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan bahwa belajar dengan giat akan mendapatkan nikmat dan karunia Allah dan sebutkan bukti-bukti konkretnya!

Berbuat baik terhadap sesamanya dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis dengan topik bahwa berbuat baik dan tidak berbuat kerusakan di muka bumi akan membawa kedamaian dan kesejahteraan!


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun (diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty ),Integritas ( integrity ),Peduli ( caring ),Jujur ( fairnes )



Mengetahui,
Kepala SMP/Mts ……………


(__________________________)
NIP :

…….……..,……………………  20 …….
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


(_______________________)
NIP :


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Aqidah): 3. Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1  Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)
1. Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Quran terkait dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
Tes lisan
Praktik
1. Bacalah ayat-ayat al-Quran dengan fasih yang berkaitan dengan salah satu Asmaul Husna (al-‘Aziz)!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 3 Tema: Asmaul Husna, hal 33 – 38

2.  Menerjemahkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Terjemahkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan Asmaul Husna (al-‘Adl):
إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ).Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty ).Integritas ( integrity ), Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )

3.2  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna.




































2. Siswa berdiskusi tentang bentuk-bentuk pengamalan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur).










Menjelaskan pengertian Asmaul Husna.
Kuis
Jawaban singkat
1. Jelaskan arti Asmaul Husna dari segi bahasa!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 3 Tema: Asmaul Husna, hal 39

Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan keluarga.
Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Tunjukkan satu contoh aktivitas di keluargamu yang mencerminkan pengamalan dari salah satu Asmaul Husna (Al-Wahhab)!


Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan sekolah.
Tes unjuk kerja
Simulasi
1. Tunjukkan aktivitas-aktivitas di sekolahmu yang mencerminkan pengamalan salah satu dari 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur)!



4.  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur) dalam lingkungan masyarakat.

Penugasan
Pekerjaan rumah
1. Lakukan survey di masyarakat tentang berbagai aktivitas yang merupakan pengamalan dari 10 Asmaul Husna (Al-Salam, Al-‘Aziz, Al-Khaliq, Al-Ghaffar, Al-Wahhab, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum, Al-Hadi, Al-Shabur), lalu buatlah laporannya!


Karakter siswa yang diharapkan
Tekun ( diligence )






Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................



( .......................................... )
NIP :

............,  .........................  20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



( .......................................... )
NIP :


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Akhlak): 4. Membiasakan perilaku terpuji.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Waktu Alokasi

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1  Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
Perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar)
1. Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
Menjelaskan pengertian tawadlu dan menunjukkan dalil naqlinya.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian tawadlu dan tunjukkan dalilnya!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 4 Tema: Akhlak Terpuji, hal 47 - 55

Menjelaskan pengertian taat dan menunjukkan dalil naqlinya.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian taat dan tunjukkan dalilnya!

Menjelaskan pengertian qana’ah dan menunjukkan dalil naqlinya.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian qana’ah dan tunjukkan dalilnya!

4.  Menjelaskan pengertian sabar dan menunjukkan dalil naqlinya.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan pengertian sabar dan tunjukkan dalilnya!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect ),Tekun (diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty )

4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
























2. Siswa berdiskusi untuk menemukan contoh-contoh perilaku yang menunjukkan sikap tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.




Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu.
Tes tulis
Pilihan ganda
1.   إِنَّ اللهَ مَعَ الصَّابِرِيْنَ adalah dalil naqli tentang sifat:
    a. sabar
    b. tawadlu
    c. taat
    d. qana’ah
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 4 Tema: Akhlak Terpuji, hal 47 - 55

Menampilkan contoh-contoh perilaku taat.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Berilah contoh satu perbuatan yang menunjukkan perilaku taat kepada Allah!


Menampilkan contoh-contoh perilaku qana’ah.
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Orang yang selalu merasa cukup terhadap pemberian Allah dinamakan:
    a. taat
    b. tawakal
    c. tawadlu
    d. qana’ah



Menampilkan contoh-contoh perilaku sabar.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Tunjukkan satu perilaku sabar ketika kalian mendapatkan musibah!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ), Berani ( courage )
Jujur ( fairnes )



4.3  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.


3. Siswa mempraktik-kan perilaku terpuji (tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan keluarga!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 4 Tema: Akhlak Terpuji, hal 55

Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan sekolah!


3.  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat.

Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis tentang perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar dalam lingkungan masyarakat!


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines),Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) ,Tanggung jawab ( responsibility ),Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty ),Integritas ( integrity ),Peduli ( caring ),Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )





Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................



( .......................................... )
NIP :

............,  .........................  20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



( .......................................... )
NIP :


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah  (bersuci).

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.






Thaharah (bersuci)
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar dan jelas tentang thaharah.
Menjelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian wudlu dan dasar hukumnya!
2 x 40 menit

Menjelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian tayammum dan dasar hukumnya!

Menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum.
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Di antara hal-hal yang membatalkan wudlu dan tayammum adalah:
    a. makan
    b. minum
    c. buang air kecil
    d. muntah

Menjelaskan tatacara wudlu dan tayammum.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan tatacara wudlu dan tayammum!

Mempraktikkan wudlu dan tayammum di sekolah.
Tes unjuk kerja
Praktik
1.  Demontrasikan tatacaa wudlu dan tayammum dengan benar di depan kelas!

6.  Menyebutkan perbedaan antara wudlu dan tayammum
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan perbedaan antara wudlu dan tayammum!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ),Ketulusan ( Honesty )



5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib.


2. Siswa mempraktikkan berbagai macam ketentuan thaharah dengan diawasi oleh gurunya.
Menjelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian mandi wajib dan dasar hukumnya!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 5 Tema: Taharah, hal 65 - 66

Menyebutkan hal-hal yang menyebabkan mandi wajib.
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan seseorang ketika:
    a. buang air besar
    b. shalat Jum’at
    c. hadas besar
    d. shalat fardlu

Menjelaskan tatacara mandi wajib.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan tatacara mandi wajib dengan singkat!

4.  Mendemonstrasikan mandi wajib secara singkat.
Tes unjuk kerja
Praktik
1. Demonstrasikan mandi wajib secara singkat di hadapan teman-teman kalian!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ), Kebersihan ( Cleanness )


5.3 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis.










3. Siswa mengidentifikasi berbagai contoh hadas dan najis sehingga mampu membedakan antara keduanya.




1. Menjelasakan pengertian hadas dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya.
Tes tullis
Uraian
1. Jelaskan pengertian hadas dan najis serta menunjukkan dasar hukumnya!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 5 Tema: Taharah, hal 72 – 75

2. Menyebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya.

Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan macam-macam hadas dan cara mensucikannya!

3. Menyebutkan macam-macam najis dan cara mensucikannya.
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Kencing anak kecil yang belum berumur dua tahun dan belum makan apa-apa selain air susu ibu dinamakan najis:
    a. mukhaffafah
    b. mutawasithah
    c. mughallazhah
    d. mutmainnah

4. Menyebutkan perbedaan antara hadas dan najis.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan perbedaan antara hadas dan najis!



Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebersihan ( Cleanness )






Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................



( .......................................... )
NIP :

............,  .........................  20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



( .......................................... )
NIP :


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 6. Memahami tatacara shalat wajib.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.

Shalat wajib
1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat memahami ketentuan tentang shalat wajib dengan lengkap.
Menjelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian shalat wajib dan dasar hukumnya!
2 x 40 menit

Menyebutkan syarat-syarat shalat.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan syarat-syarat shalat!

Menyebutkan rukun-rukun shalat.
Tes tulis
Pilihan ganda
1. Membaca takbiratul ihram ketika shalat merupakan salah satu ... shalat.
    a. wajib
    b. rukun
    c. sunnah
    d. mubah

Menyebutkan sunnah-sunnah shalat.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa sunnah shalat!

Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Sebutkan beberapa hal yang membatalkan shalat!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )



6.2 Mempraktikkan shalat wajib.
























Siswa mempraktikkan shalat wajib di hadapan gurunya.







Menjelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib).
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan tatacara shalat wajib secara berurutan (tertib)!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 6 Tema: Salat Wajib, hal 86 - 90

2. Menyebutkan bacaan-bacaan shalat yang pokok.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Tunjukkan salah satu bacaan pokok (wajib) dalam shalat!

3. Memperagakan bagian-bagian dari gerakan shalat.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Peragakan gerakan ruku’ dan i’tidal yang benar!

4. Mempraktikkan shalat wajib secara benar.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Praktikkan shalat wajib (shubuh) dengan benar di hadapan teman-temanmu!


Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )
Kejujuran ( fairnes )



Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................


( .......................................... )
NIP :

............,  .........................  20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam


( .......................................... )
NIP :


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Fiqih): 7. Memahami tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).





Shalat Berjama’ah
1. Siswa berdiskusi dengan teman-temannya untuk mendapatkan pengertian yang lengkap tentang shalat berjama’ah dan munfarid dengan berbagai ketentuannya.
Menjelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian shalat berjamaah dan dasar hukumnya!
2 x 40 menit



Menjelaskan pengertian shalat munfarid.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan pengertian shalat munfarid!

Menjelaskan keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan beberapa keutamaah shalat berjama’ah atas shalat munfarid!

Menjelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan syarat-syarat mendirikan shalat berjama’ah.

Menjelaskan halangan-halangan shalat berjama’ah.
Tes tulis
Jawaban singkat
1. Jelaskan beberapa halangan shalat berjama’ah!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebersamaan ( Coorperation )


7.2 Mempraktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).










2. Siswa mempraktikkan shalat berjama’ah dan munfarid bersama teman-temannya di sekolah.
1.    Menjelaskan tatacara shalat berjama’ah.

Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan tatacara shalat berjama’ah bersama teman-teman kalian!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 7 Tema: Salat Berjemaah dan Salat Munfarid, hal 104 dan 105



Menjelaskan tatacara shalat munfarid.
Tes lisan
Jawaban singkat
1. Jelaskan tatacara shalat maghrib secara munfarid!

2.    Mempraktikkan shalat berjama’ah di sekolah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Praktikkan shalat ‘Isya’ dengan berjama’ah bersama teman-teman kalian!

4.  Mempraktikkan shalat munfarid di sekolah.

Tes unjuk kerja
Praktik
1. Praktikkan shalat Zhuhur dengan munfarid di hadapan teman-teman kalian!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kebersamaan ( Coorperation )







Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................



( .......................................... )
NIP :

............,  .........................  20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



( .......................................... )
NIP :


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     : .....................................
Kelas                     : VII
Mata Pelajaran  : Pendidikan Agama Islam
Semester               : 1
Standar Kompetensi (Tarikh dan Kebudayaan Islam): 8. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.

Kompetensi Dasar

Materi Pokok/ Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw.








Sejarah Nabi Muhammad Saw.








1. Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan sejarah perjalanan Nabi Muhammad Saw.








Menjelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan berbagai peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad Saw.!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 8 Tema: Sejarah Nabi Muhammad saw., hal 112 - 116

Menjelaskan sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran Nabi Muhammad Saw.!


Menjelaskan sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan secara singkat sejarah pertumbuhan Nabi Muhammad Saw. mulai kanak-kanak hingga diangkat menjadi Rasulullah!

Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Makkah!

Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam mendakwahkan Islam di Madinah.
Portofolio
Karya tulis
1. Buatlah karya tulis yang berisi sejarah perjalanan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat Muslim di Madinah!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )

8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.







2. Siswa berdiskusi bersama teman-temannya untuk merumuskan berbagai misi kerasulan Muhammad Saw. di muka bumi.

1. Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. khusus untuk umat Islam.

Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw., khususnya bagi umat Islam!
2 x 40 menit
Buku: Pendidikan Agama Islam: Penuntun Akhlak, Bab 8 Tema: Sejarah Nabi Muhammad saw., hal 116 - 120

2.  Menjelaskan misi kehadiran Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.
Tes tulis
Uraian
1. Jelaskan di antara misi kehadiran Nabi Muhammad Saw., bagi umat manusia pada umumnya!

Karakter siswa yang diharapkan
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Kecintaan ( Lovely )


Mengetahui,
Kepala Sekolah .....................



( .......................................... )
NIP :

............,  .........................  20...
Guru Mapel Pendidikan Agama Islam



( .......................................... )
NIP :

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com